Labels

Kamis, 27 Juni 2013

Tambah Akun Operator Sekolah dan Edit Data PTK di Website PADAMU NEGERI

Sejak beberapa saat yang lalu website www.padamu.kemdikbud.go.id susah sekali diakses. Namun begitu kita dapat mengaksesnya melalui alamat alternatif di http://padamu.siap.web.id/ atau di alamat IP http://118.98.222.83 .
Baiklah, setelah kita Aktivasi Akun Padamu Negeri langkah berikutnya adalah menambah operator sekolah(bila diperlukan) dan mengedit data PTK.
Oh ya, sebelum kita lanjut lebih jauh, terlebih dahulu kita unduh formulir tiap PTK dan pastikan sudah mendapatkan Formulir A01. Jika formulir yang muncul adalah A02 atau A03 silahkan segera anda cetak, berikan ke PTK yang bersangkutan untuk diisi datanya disertai lampiran-lampiran yang diperlukan. Setelah itu serahkan ke Operator UPT (untuk TK/SD) atau langsung ke dinas kabupaten (SMP/SMA) untuk diubah menjadi A01 sebagai dasar editing PTK dan VerVal Lv 1.
Baiklah sekarang kita kembali ke judul hehee...
1. Tambah Akun Operator Sekolah
Operator sekolah disini dimaksudkan jika sekolah mempunyai lebih dari 1 orang operator maka boleh menambahkan akun operator sekolah. Untuk tingkat SD yang berperan sebagai operator sekolah adalah operator UPT sebagai pelayan teknis dan pamantau kinerja operator sekolah.
Berikut langakah-langkahnya:
Pertama kita login sekolah dulu ke website padamu negeri di http://padamu.siap.web.id
Setelah masuk, klik Kelola Sekolah > Kelola Akun > Daftar Akun Administrator
Selanjutnya silahkan klik tanda plus seperti gambar dibawah ini

Masukkan email operator sekolah pada kolom pencarian(email harus sudah terdaftar di www.siapku.com
Jika sudah ketemu lalu klik SIMPAN.
Langkah terakhir adalah cetak ulang tanda bukti seperti gambar dibawah ini untuk mendapatkan kode aktivasi.




Silahkan login ke website padamu, lalu akan muncul halaman seperti gambar dibawah ini kemudian masukkan kode aktivasinya setelah itu klik AKTIVASI.
Selesai.
2. Edit Data PTK
Setelah PTK menyerahkan formulir A01 beserta kelengkapannya kepada operator sekolah, selanjutnya operator bertugas mengedit data tiap PTK sesuai dengan data sesungguhnya(jangan dikarang ya). 
Berikut langkah-langkahnya:
Pertama klik tab Pendidik & Tenaga Kependidikan > Direktori PTK > Daftar Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
Klik tanda anak panah sebelah kanan salah satu PTK lalu Edit pendidik
Berikutnya isikan data sesuai formulir A01 yang diberikan PTK (kebanyakan NIK masih kosong)
Setelah selesai lalu klik SIMPAN.
Sekian tutorial untuk Menambah Akun Operator Sekolah dan Edit Data PTK. Setelah ini kita masuk ke VerVal tahap 1 yang akan saya tulis dikesempatan berikutnya.
Terima kasih.


8 komentar:

  1. bagaimana jika pada saat mendaftar account sekolah, saya lupa email yang digunakan dan lupa paswordnya, ini berarti saya tidak bisa masuk ke account sekolah saya di hari-hari selanjutnya. bagaimana solusinya ?

    BalasHapus
  2. Saya terlanjur menyimpan data, pada pengetikan nama ternyata kurang huruf, bagaimana cara mengedit/menambahkan huruf tersebut, karena setelah disimpan dicetak data tersebut tidak lagi, mehon peunjuknya, terima kasih

    BalasHapus
  3. bagaimana cara menentukan user name pada sim.siap-online.com? saya mengalami kesulitan, ketika memasukkan user name selalu salah.bagaimana cara mengedit akun sekolah tersebut?

    BalasHapus
  4. Anonim@ Waduh, kok bisa ya email sama sandi lupa semua. Kalau terjadi seperti itu silahkan kontak admin kabupaten untuk meresetkan passwordnya. Jika sudah benar silahkan dicatat agar tidak lupa lagi.
    Yoahan@ silahkan masuk ke http://simpadamu.kemdikbud.go.id>Pendidik&Tenaga Kependidikan>Direktori PTK>Lalu edit seperti gambar edit PTK diatas kemudian perbaiki namanya.
    SDK Sidorejo@ gunakan nama yang standar dengan huruf kecil semua tanpa tanda baca atau pilih dari daftar yang disediakan.

    BalasHapus
  5. permisi gan saya mau tanya untuk mengedit email aktivasi akun sekolah gimana ya??? waktu pembuatan akun sekolah kliru memasukkan email

    BalasHapus
  6. SDN Krecek 01@ silahkan login sekolah dulu di padamu.siap.web.id menggunakan NPSN dan password agan. Lalu di pojok kanan atas(sebelah logout) ada pengaturan akun>kelola akun>email.
    Silahkan ganti alamat emailnya lalu konfirmasi ulang seperti sebelumnya.
    atau bisa langsung kealamat ini. http://akun.siap-online.com/kelola/#!/email

    BalasHapus
  7. saya sudah terlanjur memasukkan PTK, tetapi bagaimana cara menghapus PTK Tersebut?? Mohon Penjelasannya

    BalasHapus
  8. bagaimana cara mengganti admin operator sekolahnya soalnya yang bikin tu orang lain sekarang, bukan saya

    BalasHapus