Labels

Sabtu, 13 Desember 2014

Praktik Pengolahan Ubi Kayu SDN Dlimas 01 Untuk Menanamkan Jiwa Kewirausahaan Bagi Siswa

Gambar Google

Melimpahnya bahan baku berupa ubi kayu di Kabupaten Batang menandakan peluang usaha dibidang makanan berbahan dasar ubi kayu sangatlah besar. Hal ini disikapi dengan cerdas oleh Bapak Bupati Batang Yoyok Riyo Sudibyo melalui SK Bupati Batang nomor : 420/225/2014 tanggal 7 Maret 2014 tentang Kurikulum Muatan Lokal Sekolah Dasar Kabupaten Batang, yang berlaku mulai tahun ajaran 2014/2015 .
Pada muatan lokal Pengolahan Ubi Kayu di tingkat SD diharapkan dapat menanamkan jiwa kewirausahaan pada siswa agar dapat bermanfaat bagi pengembangan life skill di kemudian hari. Dalam penerapan kurikulum 2013, muatan lokal ini menekankan pada aspek keterampilan (KI 4) yang diterapkan mulai dari kelas III hingga kelas VI.

Kami dari pihak sekolah sangatah mengapresiasi dengan adanya penetapan muatan lokal Pengolahan Ubi Kayu di sekolah dasar. Meskipun memang sudah tidak asing lagi namun dari olahan ubi kayu siswa-siswi kami cukup memuaskan. Yang biasanya dirumah hanya dikukus ataupun dibakar, kita kreasikan melalui buku resep yang diterbitkan oleh Disdikpora Kabupaten Batang menjadi makanan yang bernilai jual dan tidak kalah saing di pasaran.

Berikut beberapa produk yang dihasilkan oleh siswa-siswi SDN Dlimas 01 pada praktik hari ini Sabtu, 13 Desember 2014 :
1. Bola-bola Singkong


2. Cemplon



3. Lupis Singkong



Kami berharap dengan adanya Muatan Pengolahan Ubi Kayu di Sekolah Dasar dapat menciptakan generasi penerus bangsa yang berjiwa kewirausahaan tinggi untuk kemajuan bangsa.

0 komentar:

Posting Komentar