Labels

Jumat, 06 Desember 2013

Backup dan Restore Database Dapodikdas Menggunakan Dapodik Helper


Pada bingung ya bagaimana jika saat mengerjakan dan menginput Data Pokok Pendidik (Dapodikdas) baru nyampai ditengah jalan komputernya ngeblank dan harus diistall ulang, atau mungkin kebingungan cara memindahkan database yang sudah diedit ke komputer yang lain. Seperti yang kita tahu, bahwa Dapodik tahun 2013 ini telah sepenuhnya berbasis web. Untuk backup dan restore data tidak sama dengan versi sebelumnya.
Pada Aplikasi Dapodikdas 2013 ini kita harus menginstall plugin tambahan yang bernama Dapodik helper. Silahkan dowload dahulu aplikasinya dibawah ini kemudian ikuti tata cara penggunaannya.


Baiklah jika anda sudah mendownloadnya mari kita praktekkan !
Oh ya, jika aplikasi yang anda gunakan tidak bermasalah sebaiknya tidak perlu untuk coba-coba. Namun sangat dianjurkan untuk membackup database dan menyimpannya di flashdrive bilamana terjadi sesuatu dengan komputer anda. 
Ok, setelah anda download kita install dulu aplikasinya. Dobel klik pada aplikasi yang telah di download kemudian klik install hingga proses selesai.


Setelah proses pengistalan selesai, maka pada Directory C://Program Files/Dapodikdas akan muncul Aplikasi Bernama DAgent.exe seperti dibawah ini.


klik dua kali pada program tersebut kemudian klik backup/restore.


Kita pilih tempat menyimpan backup datanya, misalkan kali ini saya simpan di C://Download/Programs (Ini hanya contoh ya, sebaiknya jangan di Lokal Drive C, bisa ditaruh di D,E ataupun FlashDisk)


Berikutnya klik Backup 


Data hasil backup berextensi .dbk 
Keterangan dari hasil backup misalkan punya saya adalah seperti ini dapodikdas06122013100549.dbk 
  • Dua angka yang berada di depan menandakan tanggal pada saat di backup
  • Dua angka dibelakangnya menunjukkan bulan
  • Empat angka dibelakangnya menunjukkan tahun
  • Dan angka-angka berikutnya menunjukkan waktu.

Jadi dapodikdas06122013100549.dbk adalah data hasil backup pada tanggal 6 Desember 2013  pukul 10.05"49'.
Perlu diingat jika anda ingin merestore database, perhatikanlah tanggalnya, pastikan menggunakan hasil backup terbaru agar tidak terjadi kesalahan.

Berbicara mengenai restore database, caranya hampir sama. Setelah Run Program Dapodik Helper, klik backup/restore silahkan pilih bagian bawah, pilih databasenya(kalau tadi saya tempatkan di C://Download/Programs) kemudian klik restore.


Kiranya cukup mudah, jika masih belum jelas silahkan berkomentar.
Terima Kasih.
Semoga bermanfaat !

0 komentar:

Posting Komentar