Labels

Jumat, 29 November 2013

Cara Sinkronisasi Database Aplikasi Dapodikdas 2013

Sekarang ini lagi ramai-ramainya gagal sinkronisasi dapodik. Ada yang katanya NOT CONECTED, ada yang statusnya OFFLINE, ada yang ngakunya bukan admin, ada yang bilang sinkronisasi gagal dan lain sebagainya. Menurut saya ada beberapa faktor yang mempengaruhinya. Mungkin dari aplikasi itu sendiri, jaringan internet yang kurang stabil, server pusat yang lagi maintenance, browser yang tidak mendukung, seting komputer yang tidak benar(tanggal, region) dan driver komputer yang tidak update. 
Jadi bisa jadi itu bukan karena aplikasinya yang salah. Sebab dengan aplikasi yang sama, yaitu v2.03 ternyata banyak juga yang berhasil sinkron. Sekolah kami juga demikian, alhamdulillah berhasil sinkron juga. 
Cara yang kami lakukan hanya memakai cara standar, yaitu setelah data dinilai valid kami validasi. Setelah hasil validasi menunjukkan data invalid sudah NOL, kami sinkronisasi dengan klik tombol Sinkronisasi yang terdapat pada tab proses.

Jika muncul tampilan koneksi anda dengan internet : CONECTED silahkan klik tombol Sinkronisasi yang ada dibawahnya. Tidak perlu menunggu lama, dalam waktu beberapa detik data sudah terkirim.
"klik untuk memperbesar"

Nah perlu diketahui bahwa data tidak langsung diproses. Sabarlah menunggu hingga data diolah oleh server pusat. Mungkin butuh waktu beberapa hari seperti tahun pelajaran yang lalu.
Selanjutnya ada pesan "Versi database belum terbaru KLIK untuk memperbaharui versi database" Silahkan klik saja, jika berhasil maka versi database akan berubah.

Sekian semoga bermanfaat.
Salam Pendidikan !

0 komentar:

Posting Komentar