Labels

Selasa, 26 Mei 2015

Menilik Server Dapodik Semi Online

Gambar : http://data-dapodik.blogspot.com
Kepikiran gak, yang namanya server dapodik itu bentuknya seperti apa? Kalau saya dulu bayanginnya seperti komputer yang di jejer-jejer, hardisknya banyak disambung-sambungin jadi satu, kabelnya banyak yang awut-awutan, kipas anginnya gedhe nyala terus, tempatnya kumuh penerangannya minim, trus yang kerja orang-orang IT yang cupu-cupu (jarang keluar soalnya) dan masih make komputer pentium III dengan OS Windows 98. Pokonya serba apa adanya lah. Kenapa saya membayangkan yang seperti itu, soalnya beberapa waktu lalu hingga tahun 2013 saat masih menggunakan Aplikasi berbasis Adobe Air pengiriman datanya naudzubilah susahnya, operator sampai harus jadi kelelawar, bahkan kopi di dapur pun jadi ikut cepat habis karena keseringan bergadang. Kesimpulannya menurut saya pada saat itu ya servernya memang kurang memadai, jadi wajar jika arus data dan pengolahannya terkesan lambat.
Kenyataan pada saat ini meskipun kekurangan masih tetap ada namun sudah sangat-sangat baik sekali dalam hal pengiriman, sinkronisasi, dan pemprosesan data. Saya jadi membayangkan seperti apa sih server dapodik sekarang? Nah di bawah ini ada beberapa gambar server Dapodik yang berhasil saya kumpulkan dari Admin dapodik @Yusuf Rokhmat yang ternyata sudah tertata rapi dan terlihat nyaman. Gak kalah lah sama server #kask*s. 
Cek this out !
Perbandingannya Server Dulu dan Sekarang
Ruangan Server



Servernya seperti ini rupanya.













 Waktunya Maintenance











Ini mungkin lobi atau tempat nongkrong dan sebagian mungkin ruang kerjanya.



Itu dia gambaran server dapodik yang melayani sinkronisasi data di seluruh Indonesia. Salut buat para pakar IT dan kemdikbud yang telah memberikan pelayanan maksimal kepada sekolah-sekolah di Indonesia. 
Kami selaku Operator Sekolah selalu mendukung setiap kebijakan yang dikeluarkan. Namun kami juga manusia biasa yang terkadang khilaf ataupun lupa, yang juga punya keterbatasan dalam banyak hal. 
Terima kasih.
Salam Satu Data !

0 komentar:

Posting Komentar